twitter
rss

Negara yang memiliki kebudayaan khas ini memiliki sejarah yang panjang dan kuno. Negara ini merupakan salah satu wilayah yang memiliki kebudayaan kuno. Peradaban bangsa India sudah ada sejak zaman sebelum masehi. Peradaban manusia sudah ada di wilayah ini sejak sekitar 2.500 Sebelum Masehi. Di sini sudah terdapat corak kehidupan manusia yang beradab di wilayah-wilayah seperti Mohenjodaro, Harappa, Gujarat, Rajasthan, dan lain-lain.
Kedatangan bangsa Arya atau Indo-Arya sekitar abad 1.500 Sebelum Masehi membawa kepercayaan, filosofis, dan kebudayaan mereka ke India. Kemudian semuanya bersatu dan terjadilah proses asimilasi yang menghasilkan taraf peradaban dan kebudayaan yang lebih tinggi. Kebudayaan ini menggunakan satu bahasa yaitu bahasa Sanskrit yang dipergunakan dalam nyanyian keagamaan yang disebut Rigveda. Nyanyian-nyanyian ini dikumandangkan untuk memuja dewa-dewa mereka. Pada masa ini lahirlah kerajaan-kerajaan besar di India.
Wilayah yang luas ini mengundang bangsa Parsi untuk datang dan menyerbu kerajaan-kerajaan di India. Bangsa Parsi berhasil menduduki dataran India dengan membawa arsitektur dan kebudayaan mereka. Kembali terjadi perbauran budaya yang menghasilkan beragam budaya.
Wilayah ini juga mengundang pasukan Iskandar yang Agung atau Alexander The Great untuk menyerbu India. Mereka berhasil menduduki India Barat Laut. Kemudian muncul seorang raja besar yang mampu mengalahkan pasukan Iskandar yang Agung, yaitu Raja Chandra Gupta. Dia merupakan kakek dari Raja Ashoka, raja yang sangat terkenal dalam sejarah India.
Selanjutnya, pengaruh agama Islam mulai masuk ke India melalui pedagang-pedagang dari Asia Barat. Kebudayaan Islam meluas ke seluruh India dan berdirilah Kesultanan Delhi pada abad ke-13. Pada masa ini terjadi penyatuan kebudayaan Islam dan Hindu yang membawa kejayaan bagi India.
Perkembangan kebudayaan pada masa itu dapat kita ketahui karena hampir semuanya tercermin dalam bidang seni, sastra, bahasa, dan arsitektur. Pada masa itu lahir juga raja-raja yang arif dan bijaksana seperti Akbar dan Shahjaha, dua raja Mughal yang terkenal.  
Kerajaan Islam mengalami kemunduran di India sehingga membuat India terpecah belah menjadi kerajaan-kerajaan kecil. Hal itu berbarengan dengan invasi yang dilakukan bangsa Eropa ke wilayah Asia. Mereka berhasil datang ke India dan menduduki tempat-tempat penting. Selanjutnya, Inggrislah yang berhasil menguasai seluruh wilayah India.
Setelah India berhasil merdeka dari Inggris, terbentuklah Negara India dan Negara Pakistan yang merupakan pecahan dari India. Pakistan merupakan negara dengan penduduk beragama Islam. Saat ini, India berhasil menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi yang  cepat. India juga berhasil menjadi negara yang menguasai teknologi informasi sehingga negara ini bisa berkembang pesat dalam perekonomian dan teknologinya.

0 komentar:

Posting Komentar